Kamis, 16 Mei 2013

PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ISLAM MASA DINASTI UMAYYAH TIMUR



BAB I
PENDAHULUAN
Islam agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw adalah agama perdamaian yang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Dimulai dari perjuangan  Nabi Muhammad pada periode Makkah dan Madinah. Kemudian setelah Rosulullah wafat, dilanjutkan oleh para Khulafaur Rasyidin yakni para pengganti Rosulullah yang terdiri dari empat Khalifah yaitu Abu Bakkar Asyidiq, Umar Bin Khottob, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Tholib. Begitu pula setelah masa Khulafaur Rasyidin berakhir yang  kemudian dilanjutkan dengan pemerintahan Dinasti Umayyah. Dalam makalah ini akan kita bahas dari beberapa  aspek dari Dinasti Umayyah ini, dari sejarah berdirinya, perkembangannya, kejayaannya, hingga keruntuhan,  serta faktor-faktor penyebab keruntuhan dan kejayaan, dan hasil kebudayaan Islam yang telah menjadi peninggalan dari Dinasti ini..
BAB II
PEMBAHASAN
A.    SEJARAH BERDIRINYA DINASTI UMAYYAH

Bani Umayyah adalah salah satu dari keluarga suku Quraisy, yakni keturunan dari Umayyah ibn Abdi Syams ibn Abdi Manaf yang merupakan seorang pemimpin suku Quraisy terpandang. Umayyah bersaing dengan pamannya Hasyim bin ‘abdi Manaf dalam merebutkan kehormatan dan kepemimpinan masyarakat Quraisy. Namun dalam hal ini, Umayyah dipandang lebih dominan karena telah memenuhi persyaratan untuk menjadi pemimpin dan dihormati, karena
Umayyah berasal dari golongan bangsawan kaya.  Padahal harta dan kekayaan menjadi faktor dominan untuk merebut hati dikalangan suku Quraisy, sehingga Hasyim tidak dapat mengimbangi keponakannya tersebut.[1]
Sebagian besar keluarga bsni Umayyah menentang Nabi Muhammad Saw yang membawa ajaran Islam, setelah Nabi muhammad pindah dari Makkah ke Madinah dan berhasil mendapatkan pengikut dikota tersebut, permusuhan dikalangan bani Umayyah belum berakhir. Mereka memimpin orang Quraisy Mekkah untuk menentang dan memerangi Nabi Saw dan pengikutnya. Peperangan pun terjadi beberapa kali, namun mereka tidak dapat mengalahkan Nabi Saw.
Permusuhan bani Umayyah berakhir setelah Nabi Muhammad Saw berhasil masuk ke Mekkah. Merasa tidak mampu melawan akhirnya bani Umayyah menyerah kepada Nabi Muhammad dan bersedia masuk Islam.
Sepeninggal Rasulullah sesungguhnya bani Umayyah menginginkan jabatan sebagai Khalifah, namun mereka belum berani menampakkan cita-citanya pada masa Abu Bakkar dan Umar. Setelah Umar meninggal, secara terang-terangan Bani Umayyah menyokong pencalonan Usman sehingga Usman terpilih. Sejak saat itu Umayyah meletakkan dasar-dasr untuk menegakkan Khalifah Umayyah pada masa Khalifah usman. Mu’awiyah mencurahkan segala tenaganya untuk memperkuat diri dan menyiapkan daerah kekuasaannya di Syam kemudian hari.[2]
Ketika Ali bin Abu Tolib menggantikan jabatan Usman, Mu’awiyah selaku gubernur Syam membentuk partai yang kuat dan menolak untuk memenuhi perintah Ali. Dia mendesak untuk membalas kematian usman atau kalau tidak dia akan menyerang kedudukannya. Desakan dan ancaman Mi’awiyah tersebut memiicu terjadinya perang Syiffiin. Dalam pertempuran ini Mu’awiyah hampir saja kalah, namun amr bin ash menasehati pasukannya agar mereka mengangkat mushaf-mushaf Al-Qur’an sebagai tanda bahwa mereka menginginkan perdamaian. Ali juga m,enasehati pasukannya agar tidak tertipu dan tetap meneruskan peperangan, namun malah terjadi perpecahan diantara mereka. Akhirnya Ali menghentikan peperangan dan berjanji menerima Tafkhim. [3] peristiwa takhim yang sangat merugikan Ali, mengakibatkan pengikut Ali yang ingkar.
Oleh karena alasan diatas maka umat Islam terbagi menjadi 3 golongan yaitu :
1.    Bani Umayyah dipimpin oleh Mu’awiya bin Abu Sufyan.
2.    Golongan Syi’ah atau pendukung ali
3.    Serta Golongan Khawarij, yang menentang kedua partai
Semenjak kematian Ali bi Abi Thalib, kekuasaan Islam sedikit memiliki maslah. Masalah ini menyangkut siapa yang akan menjadi Khalifah setelahnya. Sebagian masyarakat menghendaki putra Ali menduduki jabatan Khalifah, tetapi sebagian orang menginginkan Mu’awiyah yang duduk sebagai pemerintah. Di sisi lain masyarakat mulai membaiat Hasan bin Ali sebagai Khalifah, disamping Muawiyah yang terus bergerilya merongrong pembaiatan Hasan. Oleh sebab itu, setelah hampir tiga tahun memegang jabatannya, Hasan memutuskan meninggalkan jabatan dengan alasan ntidak ingin mdlihat umat Islam terpecah belah. Hasan meletakkan jabatannya dan menyerahkan panji kekhalihfahan ke tangan Mu’awiyah bin Abu Sufyan, peristiwa ini dilaksanakan di Daumatul Jandal, tahun pelaksanaannya terkenal sebagai peristiwa Am’ul Jama’ah (tahun persatuan), yang menghasilkan beberapa pperjanjian penting antara Mu’awiyah dan Hasan, semenjak itulah Mu’awiyah dan Bani Umayyah mulai memegang tampuk pemerintahan Dunia Islam.

B.     PERKEMBANGAN DINASTI UMAYYAH
Kekuasaan bani Umayyah berumur kurang lebih 90 tahun. Ibu kota Negara dipindahkan Mu’awiyah Dari Madinah ke Damaskus, tempat is berkuasa sebagai Gubernur sebelumnya. Khalifah-khalifah besar Dinasti Umayyah adalah Mu’awiyah bin Abu Sufyan (661-680 M),  Abd Al-Malik ibn Marwan (685-705 M),  Al-Walid ibn Abdul Malik (705-715 M), Umar bin Abd Al- Aziz (717-720 M), dan Hasyim ibn Abd Al-Malik(724-743 M).[4] Pada masanya Dinasti ini telah dipimpin oleh 14 orang Khalifah secara bergantian, dengan Khalifah-khalifah yang unggul seperti telah disebutkan di atas.
Pada masa itu  Mu’awiyah telah membentuk suatu sstem pemerintahan baru bagi dunia Islam. Yakni mengubah system demokrasi yang dilaksanakan dari masa Nabi hingga masa Khukafaur Rasyidin dengan pemerintahan Monarki. Hal ini ditantai dengan diangkatnya Yazid ibn Mu’awiyah  sebagai putera mahkota. Bahkan Ia menyampaikan barang siapa yang tidak menerima  kemajuan Islam dengan kepemimpinan model kesultanannya, maka pedanglah yang akan meluruskan. Karena hal tersebut orang-orang berbondong-bondong menyatakan sumpah setia kepada Yazid ibn Mu’awiyah. Dari para sahabat Nabi yang terkemuka, yang semula memihak  kepada Mu’awiyah mereka berpindah haluan mendukung Marwan (gubernur Madinah). Ia datang ke Damaskus untuk memprotes kebijakan pengangkatan Yazid ibn Mu’awiyah sebagai putera mahkota, namun justru Marwan dipecat.
Masa kekuasaan Yazid ibn Mu’awiyah sangat singkat karena rakyat membai’at Yazid ibn Mu’awiyah dengan setengah hati, terutama masyarakat Makkah dan Madinah. Kepemimpinan Yazid ibn Mu’awiyah hanya dari tahun 680-683. Dalam periode Yazid ibn Mu’awiyah ini ditandai dengan banyak  keburukan dan hanya satu kebaikan, yaitu :
1.    Tahun pertama kepemimpinan, cucu Nabi, Husein terbunuh di Karbala menjadikan golongan Syi’ah lahir secara sempurna dan menjadi penentang utama kepemimpinannya.
2.    Tahun kedua, tentara Yazid ibn Mu’awiyah menyerang habis-habisan kota Madinah dalam peperangan di Harra yang mengakibatkan citra pasukan Islam tercoreng dimuka sendiri.
3.    Tahun ketiga kekuasaan Yazid ibn Mu’awiyah, tentara Yazid ibn Mu’awiyah menyerang dan membakar Ka’bah.
Demikian keburukan yang terjadi pada pemerintahan Yazid ibn Mu’awiyah dikarenakan masyarakat tidak mengakui Yazid ibn Mu’awiyah sebagai khalifah, terutama para sahabat. Sedangkan kebaikan kepempinan Yazid ibn Mu’awiyah adalah Yazid ibn Mu’awiyah mengangkat kembali Uqbah ibnu Nafi’I menjadi gubernur kedua kalinya di Ifriqiyah/Qoyrawan.
Pada ,masa Abdul Malik bin Marwan, jalannya pemerintahan ditentukan oleh 4 departemen pokok yaitu :
1.         Kementrian pajak tanah (diwan al-kharaj) yang tugasnya mengurusi departemen keuangan.
2.    Kementrian khatam (diwan al-khatam) yang tugasnya merancang dan mengesahkan ordonasi pemerintah.
3.    Kementrian surat menyurat (diwan al-rasail)dipercaya untuk mengontrol didaerah-daerah dan semua komunikasi dari gubernur-gubernur.
4.    Kemenrtian urusan perpajakan (diwan al-mustagallat).
Bahasa administrasi yang berasal dari bahasa Yunani dan Persia diubah menjadi bahasa Arab, dimulai oleh Abdul Malik pada tahun 85 H/704 M.
Dinasti Umayyah juga melakukan upaya perluasan wilayah, pada masa Umayyah ini wilayah kekuasaan meluas sampai ke Byzantium. Angkatan laut Umayyah yang berjumlah 1.700 kapal perang dapat menundukkan Rhodes dan pulau-pulau lain di Yunani. Pada tahun 48/688 Mu’awiyah merencanakan penyerangan laut dan darat ke Konstantinopel. Tetapi gagal setelah kehilangan banyak pasukan dan kapal perang mereka. Ekspansi ke Barat dan Timur mencapai keberhasilan yang gemilang pada masa Walid I. selama pemerintahannya, terdapat tiga orang pemimpin pasukan terkemuka, yaitu : Qotaybah ibnu Muslim, Muhammad ibnu al-Qasyim, dan Musa ibn Nashir.
Umat Islam  memperoleh kemenangan yang sangat luas dalam hal ekspansi wilayah. Hal ini menjadikan orang Arab bertempat tinggal didaerah-daerah yang telah dikalahkan, bahkan mereka menjadi tuan tanah. Prinsip keuangan negara yang diberlakukan mngikuti apa yang ada pada masa Khulafa’ur Rasyidin yaitu penetapan pajak tanah dan pajak perorangan untuk setiap individu penghuni daerah-daerah yang telah dikalahkan.
Pada masa Daulah Bani Umayyah terjadi homogenitas masyarakat, mereka dibedakan menjadi masyarakat muslim dan nonmuslim. Homogenitas masyarakat yang timbul mengakibatkan ambisi para Khalifah untuk mepersatukan masyarakat dengan politik Arabisme. Usaha-usaha yang dilakukan  kearah Arabisme antara lain anak-anak Arab yang lahir didaerah-daerah penaklukan diwajibkan membuat akte kelahiran pada kantor catatan kelahiran masyarakat Arab agar keaslian mereka terjaga. Semua penduduk Islam diwajibkan berbahasa Arab, dan segala peraturan negara yang berbahasa Romawi atau Persia harus disalin ke bahasa Arab. Mulai saat itu bahasa Arab menjadi bahasa resmi Daulah Umayyah. Selain itu Umayyah juga mengembangkan angkatan militer yang terdiri dari angkatan darat ( al- Jund ), angkatan Laut ( al-bahriyah), dan angkatan kepolisian ( assyurtah).
 Seni bangunan ( arsitektur ) pada masa Umayyah bertumpu pada bangunan sipil berupa kota-kota dan bangunan agama berupa masjid-masjid. Beberapa perbaikan kota baru dan kota lama telah dilakukan pada masa Umayyah yang diiringi dengan pembangunan gedung dengan gaya perpaduan Persia, Romawi dan Arab yang dijiwai dengan semangat Islam. Damascus yang pada masa sebelum Islam merupakan ibukota kerajaan Romawi Timur di Syam dibangun kembalai oleh Umayyah dijadikan ibukota daulah Umayyah.

C.    KEJAYAAN DINASTI UMAYYAH

Kejayaan Bani Umayyah dimulai ketika kepemimpinan Abdul Malik ibn Marwan. Dia dianggap sebagai pendiri Daulah Umayyah yang kedua karena mampu mencegah disintergrasi yang telah terjadi sejak masa Marwan. Abdul Malik ibn Marwan berhasil menyempurnakan Administrasi Bani Umayyah, Ia juga mengadakan berbagai pembaharuan diantaranya penetappan bahasa negara yaitu Bahasa Arab, mencetak mata uang Arab dengan nama Dinar, Dirham dan Fals, mendirikan kas negara, menggunakan tanda titik dan koma pertamakalinya, serta memperbaharui Qowa’id yang sudah dimulai sejak zaman Khalifah Ali bin Abi tholib.
Masa penggantinya , Walid I merupakan periode kemenangan, kemakmuran, dan kejayaan. Pada masa itu negara Islam meluas ke Barat dan ke Timur, beban hidup masyarakat mulai ringan, pembangunan gedung-gedung umum mendapatkan perhatian yang serius. Untuk mengkaji Al-Qur’an dan Hadist maka dibangun pusat-pusat kajian Islam di Makkah, Madinah, Bashra, Kufah dan tempat-tempat lain.
Kejayaan Bani Umayyah berlanjut pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz (Umar II). Ia adalah seorang terpelajar dan taat agama, dia juga seorang pelopor penyebar agama Islam. Beberapa sarjanawan mengatakan pemerintahannya termashur seperti pemerintahan ortodoks, yaitu pada masa pemerintahan Abu Bakar dan Umar. Akan tetapi pemerintahannya hanya bertahan selama 2 tahun 5 bulan. Tetapi dia telah meninggalkan hal-hal pentping yang sangat berguna untuk perkembangan Islam, dia adalah sseseorang yang berhasil mengkodofikasikan hadits nabi, yang memunculkan beberpa ahli hadits yang terkenang sampai masa ini. Khalifah Umar adalah khalifah yang pertamakali menghapuskan berbagai pencelaan terhadap keluarga Ali bin Abi Thalib. Dia adalah Khalifah yang arif dan bijaksana sebagaimana kakeknya. Bani umayyah mengalami kemajuan yang pesat di masanya.

D.    KERUNTUHAN DINASTI UMAYYAH
Sepeninggal Umar II, kekhalifahan mulai melemah dan akhirnya hancur para Khalifah pengganti Umar selalu mengorbankan kepentingan umum untuk kesenangan pribadi. Saat Umar II berkuasa dengan kebijakan lunak dan bersahabat, baik Khawaruj maupun Syi’ah tidak ada yang memusuhinya karena kesalehan dan keadilan yang diterapkan oleh Umar II. Kelonggaran politik ini dimanfaatkan oleh bani Abbasiyah, mereka keluar dari bawah tanah dan berkomunikasi dengan sesama abggota gerakan Abbasiyah maupun dengan Syi’ah dan Khowarij yang sejak kelahiran Umayyah tidak pernah mengakui sebagai Khalifah atau kekuatan politik yang sah dan Islami.
Puncaknya adalah, ketika dinasti ini dipimpin oleh Khalifah Muhammad bin Marwan. Pada pemerintahannya, dinasti Umayyah sedang mengalami goncangan besar akibat merebaknya kelompok pemeberontak yang semakin giat melancarkan serangan ke pemerintah. Khalifah Marwa berupaya keras untuk menstabilkan kembali keadaan Negara. Sehingga perhatiannya lebih banyak ia curahkan untuk menghabisi gerakan pemberontak daripada mengatur jalannya pemerintahan. Sebenarnya dia adalah Khalifah yang cakap dan tangguh, tetapi akibat warisan kekuasaan yang kacau menjadikan dia terfokus pada satu titik untuk mengembalikan jalannya pemerintahan.
Keadaan ini dilihat golongan Abbasiyah sebagai celah untuk menyerang pemerintah. Pada tahun 750 M, gerakan Abbasiyah mulai secara terang-terangan merongrong pemerintahan. Mereka berhasil menghimpun kekuatan dari golongan Syiah, Khawarij, dan golongan Mawali yang sama-sama tidak menyukain pemerintahan Bani Umayyah. Gerakan Abbasyiah ini berhasil menggunakan celah yang ada, mereka berhasil memporak-porandakan Dinasti Umayyah, bala tentara yang dikirim oleh Khalifah ditumpas habis tanpa sisa. Khalifah Marwan pun akhirnya berlari dan menjadi buruan oleh kelompok Abbas. Akan tetapi, akhirnya Khalifah dapat ditangkan di daerah Mesir oleh kelomok Abbasiyah. Khalifah Marwan bin Muhammad dikenail hukum pancung oleh mereka. Sepeninggalan khalifah Marwa II, bani Umayyah telah tumbang dan dilanjutkan oleh Bani Abbasyiah.

E.     FAKTOR PENYEBAB RUNTUHNYA  DINASTI UMAYYAH

Berikut ini adalah beberapa alasan mendasar mengenai kehancuran dinasti Umayyah:
1.             Wilayah Kekuasaan yang Luas.
Dalam waktu yang singkat tidak berbanding lurus dengan komunikasi yang baik. Akibat komunikasi yang kurang baik tersebut menyebabkan sulitnya mendeteksi gerak-gerik lawan bani Umayyah.
2.             Sikap Glamour Penguasa
Kemenangan suatu Dinasti lazimnya diikuti oleh kemewahan hidup, foya-foya, dan tidak mau bekerja. Menurut Hasan Ibrahim Hasan, inilah yang ditiru oleh para Khalifah dari tradisi Byzantium. Hal ini sudah berlangsung sejak pemerintahan sebagaian penguasa Bani Umayyah. Misalnya Yazid ibn Mu’awiyah, juga di masa Walid I, dan Khalifah Yazid ibn Abdul malik. Hidup bermegah-megahan ini tentu saja mempengaruhi kondisi psikologis dan vitalitas mereka dalam memimpin Negara yang besar dengan daerah kekuasaan yang demikian luas.[5]


3.             Meruncingnya Pertentangan Etnis
Pertantangan etnis antara suku Arabia Utara ( Bani Qais ) dan Arabia Selatan ( Bani Kalb) yang menyebabkan pengusa Bani Umayyah kesulitan menggalang persatuan dan kesatuan. Kedua suku dikalangan Bani Umayyah ini ikut memepengaruhi pengambilan keputusan-keputusan yang bersifat vital. Misalnya saja suksesi kekhalifahan dimana dukungan suku Arab terkuatlah yang menjadi Khalifah
4.             Timbulnya Stratifikasi Sosial.
Bangsa Arab sebagai warga kelas satu sementara non Arab (disebut juga dengan generasi mampluk/budak ) menjadi kelas dua. Dalam hal ini jelas Arab Islam lebih tinggi dari ras manapun. Baik disbanding dengan non muslim atau muslim sendiri. Tampaknya hadits Nabi yang menceritakan bahwa yang membedaka antara seorang deng orang lain tak lain hanyalah taqwa, sangat tidak diindahkan oleh mereka.
System yang berbeda ini menyebabkan keresahan dikalngan non Arab muslim dan menimbulkan gerakan untuk menumbangkan pemerintahan Bani Umayyah ini.[6]
5.             Munculnya Kekuatan Baru
Adanya kekuatan-kekuatan bru yang dipelopori oleh keturunan Al Abbas ibn Mutholib. Gerakan ini dapat dukungan penih dari Bani Hasyim dan Golongan Syi’ah serta kaum Mawali yang merasa diperlakukan tidak adil oleh rezim Bani Umayyah.

F.     HASIL-HASIL KEBUDAYAAN
1.    Peninggalan Dibidang Pemerintahan ( politik)
Munculnya berbagai lembaga-lembaga pemerintah yang sebelumnya tifak ada, seperti:
a)         An-nizam al-siyasi : lembaga politik
b)        An-nizam al-mali : lembaga keuangan
c)         An-nizam al-idari : lembaga tata usaha negara
d)        An-nizam al-qada’i : lembaga kehakiman
e)         An-nizam al-harbi : lembaga ketentaraan
f)         Diwan al-kitabah : lembaga sekretaris Negara
·         Katib al-rasail : sekretaris administrasi
·         Katib al-kharaj : sekretaris keuangan
·         Katib al-jundi : sekretaris tentara
·         Katib as-syurthah : sekretaris kepolisian
·         Katib al-qadhi : sekretaris kehakiman
2.    Peninggalan dalam Bidang Ilmu Pengetahuan
a)      Pembentukan pusat kegiatan ilmiah di basrah dan kufah
b)      Munculnya ilmuwan-ilmuwan dan ulama-ulama terkenal
c)      Munculnya sastrawan
d)     Majunya perkembangan ilmu agama Islam

Khalid bin Yazid ibn Mu’awiyah bin muawiyah Orang pertama yang menerjemahkan buku tentang astronomi, kedokteran dan kimia dan penyair serta orator terkenal pada masa Dinasti Umayah . Selain itu banyak Ulama yang terkenal pada masa Dinasti Umayah seperti Hasan al-basri, Ibnu Syihab Al-Zuhri , serta Wasil bin Atha’ .
3.    Peninggalan  Dibidang Bahasa dan Sastra
a)      Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa administrasi negara dan menjadi bahasa internasional
b)      Muncul ahli bahasa Arab : Sibawaih dengan karyanya : al-kitab
Sastrawan terkenal pada masa Dinasti Umayyah : Qays bin Mulawwah dengan karyanya Laila Majnun, Jamil al-Uzri, Al-Akhtal, Umar bin Abi rabi’ah, Al-Farazdaq, Ibnu al-Muqaffa dan Jarir

4.    Peninggalan Dibidang Pembangunan fisik
a)      Mengubah Katedral St.John di Damaskus menjadi Masjid.
b)      Menggunakan Katedral Hims sebagai masjid serta merenovasi Masjid Nabawi


BAB III
PENUTUP
Demikian pembahasan singkat mengenai kepemipinan dinasti umayyah. Dalam pembahasan diatas telah dibahas sejara runtut mulai dari berdirinya Daulah Bani Umayyah, Perkembangannya, kejayaannya, dan penyebab keruntuhannya, serta hasil-hasil budaya yang ada pada masa Umayyah. Semoga pembahasan dalam  makalah ini dapat memperluas wawasan bagi pembaca. Apabila masih mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman semua karena makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Syalabi. 2003. Sejarah dan Kudayaan Islam. Jakarta : Pustaka Al-Husna Baru
Karim, M Abdul. 2007. Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam. Yogyakarta : Pustaka
Siti Maryam. 2002. Sejarah Peradaban Islam.  Yogyakarta : Lesfi




[1] M. Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradaban Islam(Yogyakarta : Pustaka Book Publisher) 2007, hlm 113
[2] Ahmad Syalabi, Sejarah Peradaban Islam, 1 terj. Muchtar Yahya, (Jakarta : Pustaka Al-Husna,1983), hlm 27
[3] Siti Maryam, Sejarah Peradaban Islam ( Yogyakarta : Lesfi ), 2002, hlm 80
[4] Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam Jilid II,(Jakarta:PT. raja Grafindo Persada,1995),hlm, 61.
[5] Busman Edyar, dkk, Sejarah Peradaban Islam,(Jakarta: Pustaka Asatrus, 2009),hlm.57.
[6] ibid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar